Proyek “Aku Sayang Bumi” dalam Kurikulum Merdeka: Tema “Proyek Tembakau” untuk Peserta Didik TK/PAUD

NuansaPendidikan.co.id, Ciamis – Salah satu aspek menarik dari Kurikulum Merdeka untuk peserta didik TK/PAUD adalah proyek “Aku Sayang Bumi”. Proyek ini dirancang untuk meningkatkan kompetensi dan karakter peserta didik terkait lingkungan, dengan fokus pada pemahaman dan kasih sayang terhadap bumi. Sebagai contoh implementasi, kita dapat mengeksplorasi proyek “Proyek Tembakau”.

Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM): Modul Proyek “Aku Sayang Bumi”

Sebelum masuk ke contoh proyek, penting untuk memahami Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). IKM menyediakan modul proyek sebagai salah satu perangkat ajar. Modul ini mengandung tujuan, langkah-langkah, media pembelajaran, dan asesmen untuk mewujudkan proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Modul proyek dibagi menjadi enam fase untuk berbagai tingkatan, dari kelas 1-2 hingga kelas 11-12. Fase fondasi ditujukan untuk capaian pembelajaran TK/PAUD, dan salah satu tema pada fase fondasi adalah “Aku Sayang Bumi”.

Contoh Proyek: “Proyek Tembakau”

Salah satu contoh proyek pengembangan dalam tema “Aku Sayang Bumi” adalah “Proyek Tembakau”. Proyek ini menyajikan berbagai kegiatan yang melibatkan peserta didik, dari kegiatan awal hingga pemahaman bermakna.

Kegiatan Awal:
  1. Mengajak anak-anak langsung ke sawah untuk melihat petani menanam tembakau.
  2. Menonton buku cerita bergambar berjudul “PAK TANI TEMBAKAU”.
Kegiatan Main:
  1. Observasi kegiatan petani menanam tembakau.
  2. Menyiapkan alat dan bahan untuk praktik.
  3. Bercerita tentang kegiatan eksperimen yang telah dilakukan.
Pemahaman Bermakna:
  1. Menjelaskan bahwa tanaman ditanam dan dirawat untuk mendapatkan hasil.
  2. Mengidentifikasi tembakau sebagai tanaman yang hidup di sawah dan tegal.
  3. Menyadarkan bahwa tembakau merupakan tanaman komoditas di sekitar sekolah.
Pertanyaan Pemantik:
  1. Apa itu tembakau?
  2. Alat apa saja yang digunakan untuk mengolah tembakau?
  3. Bagaimana cara mengolah tembakau?

Rencana kegiatan “Proyek Tembakau” mencakup tujuan kegiatan, alat dan bahan, pembiasaan kegiatan pagi, dan asesmen. Lihat Rencana Kegiatan Proyek Aku Sayang Bumi.

Dengan demikian, proyek “Aku Sayang Bumi” dalam Kurikulum Merdeka tidak hanya mengajarkan pemahaman tentang lingkungan tetapi juga melibatkan peserta didik dalam kegiatan yang menarik dan bermakna.

Komentar