Malam Resepsi Hari Guru Nasional 2023 dan HUT PGRI Ke-78 Tingkat Kabupaten Ciamis: Bupati Herdiat Dorong Disdik Menuai Prestasi

Daerah, Seremonial, UMUM57 Dilihat

NuansaPendidikan.co.id, Ciamis – Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, menghadiri malam resepsi Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke-78 tingkat Kabupaten Ciamis di Gedung KH. Irfan Hielmi Komplek Islamic Center Ciamis.

Dalam sambutannya, Bupati Herdiat mengungkapkan apresiasi kepada seluruh keluarga pendidikan Kabupaten Ciamis. “Hanya dua kata: Luar biasa,” ucap Bupati. Rabu, (29/11/2023).

Prestasi

Prestasi dunia pendidikan di Kabupaten Ciamis menjadi kebanggaan, menurut Bupati Herdiat. Ia menjelaskan bahwa pembangunan, baik fisik maupun non-fisik, memerlukan perhatian dan kerjasama semua pihak.

“Pembangunan fisik dapat dilakukan oleh siapa pun, selama ada dana. Namun, pembangunan non-fisik seperti pendidikan untuk anak-anak kita memerlukan perhatian dan kerja keras bersama,” katanya.

Pengembangan IT

Bupati Herdiat menyoroti pentingnya pengembangan teknologi informasi (IT) seiring dengan perkembangan zaman. Ia menekankan bahwa jika tidak mengikuti perkembangan teknologi, orang tua dan guru dapat tertinggal dari anak-anak mereka.

“Generasi Z saat ini sangat luar biasa. Saya melihat pameran robotik dari anak-anak sekolah dasar yang begitu hebat,” tambahnya.

Kekurangan ASN

Bupati juga merasa bangga karena diundang oleh Kemenristekdikti untuk menerima penghargaan Nasional Jawara Belajar.id. Dia menyampaikan pentingnya peningkatan tenaga Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam mengatasi kekurangan tenaga pendidik.

“Kekurangan tenaga ASN di Kabupaten Ciamis tidak kurang dari 6.000 orang. Kita harus mengantisipasi hal ini. Saat ini, lebih dari 4.477 pegawai ASN telah direkrut di Kabupaten Ciamis untuk menutupi kekurangan tenaga guru,” ungkap Bupati.

Pesan Kadisdik

Ketua PGRI Kabupaten Ciamis sekaligus Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis, Asep Saeful Rahmat, melaporkan tujuan dari malam resepsi Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke-78 tingkat Kabupaten Ciamis, antara lain:

  1. Menanamkan kebanggaan kepada para guru sebagai pendidik yang membentuk karakter peserta didik.
  2. Meningkatkan kecintaan terhadap profesi guru yang mulya, bermartabat, dan berkarakter Pancasila.
  3. Mendorong terwujudnya guru sejati yang menghargai martabat guru sebagai sosok yang dicontohkan.
22 Penghargaan

Asep menyampaikan bahwa berkat dukungan pemerintah Kabupaten Ciamis dan kerja keras warga pendidikan, telah meraih lebih dari 22 prestasi sepanjang tahun 2023.

“Pekan olahraga tingkat provinsi, alhamdulillah Kabupaten Ciamis meraih juara umum,” ucap Dr. Asep Saeful Rahmat. Selain itu, kata Dia, bertepatan dengan Hari Guru Nasional, prestasi Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis tahun 2023 meraih banyak penghargaan. Dari Balai Besar Penjamin Mutu Pendidikan (BBPMP) mendapat 7 penghargaan.

“Kita juga berhasil meraih satu penghargaan tingkat nasional yaitu Jawara Belajar.id. Alhamdulillah, Bupati, Dr. Herdiat Sunarya menerima langsung penghargaan itu  di gedung A Kemendikbudristek Ibu Kota Jakarta,” katanya.

Komentar