Sekolah Atletik Galuh Ciamis (SAGC), Wadah Mengembangkan Potensi Atletik di Ciamis

UMUM17 Dilihat

NuansaPendidikan.co.id, Ciamis – Kabar baik bagi warga Ciamis yang memiliki minat dan bakat, atau para orang tua yang ingin mengembangkan potensi buah hatinya, kini upaya meningkatkan pengetahuan dan kemampuan pada olahraga atletik dapat dilakukan dengan bergabung bersama Sekolah Atletik Galuh Ciamis (SAGC).

Siswa

Meskipun tergolong pendatang baru dan berdiri pada tahun 2023, sekolah khusus atletik SAGC tercatat sudah memiliki 50 orang siswa yang berasal dari berbagai strata usia.

“Siswa SAGC terdiri atas berbagai usia, dari mulai pelajar sekolah luar biasa, sekolah dasar, sekolah menengah, mahasiswa, hingga umum. Usia tertua 30-an tahun, berasal dari peserta umum,” tutur Kepala SAGC Sri Maryati, S.Pd, M.Pd., kepada CIAMIS.info.

Visi

Kepala SAGC yang juga merupakan dosen Program Studi Pendidikan Jasmani FKIP Universitas Galuh tersebut mengungkapkan, sekolah yang dipimpinnya sejak awal mengusung visi membangun prestasi olahraga atletik di Kabupaten Ciamis.

“SAGC mengemban misi memberdayakan atlet-atlet putra daerah dalam meningkatkan prestasi olahraga atletik kabupaten Ciamis, melalui sistem pembinaan dan pengembangan prestasi yang terencana dengan baik dan berkesinambungan, guna menciptakan atlet yang berprestasi di tingkat daerah, nasional, dan internasional,” tuturnya dalam keterangan tertulis.

Tim

Tak sendirian, Sri Maryati bersama tim bekerjasama dalam mengelola SAGC. Sebagai ujung tombak pembinaan, sebanyak 6 orang pelatih siap mendampingi para siswa. Keenam pelatih tersebut, yakni Fajar, Jaki, Anggara, Bisri, Arif, dan Meli, memiliki tugas masing-masing.

Pada awalnya, setiap siswa hanya membayar uang kas saja saat menjadi bergabung dengan SAGC. Meski demikian, pengelolaan latihan sudah memiliki desain yang menyesuaikan zaman. Salah satu contohnya, absensi kehadiran dengan memindai QR atau barcode, sehingga lebih praktis dan cepat. Saat ini, setiap pendaftar sudah langsung mendapatkan jersey untuk latihan.

Cara Bergabung

Warga Ciamis yang ingin mendaftarkan diri menjadi siswa SAGC dapat langsung mendatangi sekretariat yang beralamat di Lapang Atletik Prabu Linggabuana, Desa Kolot, Kelurahan Linggasari, Kecamatan Ciamis. Tak lupa memenuhi beberapa persyaratan, yakni mengisi formulir pendaftaran, menyerahkan fotokopi KK dan Akta Kelahiran, serta pasfoto 3×4 berwarna. Saat ini uang pendaftaran adalah sebesar Rp150.000 dan sudah mendapatkan jersey.

Selanjutnya, siswa SAGC dari kelompok SLB dan SD dapat mengikuti latihan pada hari Senin, Rabu, dan Jumat, pukul 5.30-17.30 WIB. Kelompok SMP, SMA/SMK mengikuti jadwal latihan pada hari Senin dan Kamis pukul 15.30-17.30 WIB, serta hari Sabtu pukul 7.00-10.00 WIB pagi hari. Sedangkan kelompok umum dan kuliah mengikuti latihan pada hari Kamis pukul 15.30-17.00 WIB.

Informasi lebih lanjut mengenai SAGC dapat dengan menghubungi contact person melalui nomor 0852-2278-2433 (Sri) dan 0878-0351-1551 (Fajar), serta mengakses media sosial instagram dengan akun @sagc.tracknfield.

Komentar