Ratusan Pelajar Ciamis Berlomba di Kejurkab Atletik 2023: Membangkitkan Semangat Atletik di Kabupaten

610 Pelajar Menyemut di Stadion Stadion Prabu Linggabuana Ciamis Ramaikan Kejurkab, Bupati Mengatakan ini

Daerah, Seremonial, UMUM43 Dilihat

NuansaPendidikan, Ciamis – Stadion Atletik Prabu Linggabuana, Kelurahan Linggasari, Kabupaten Ciamis menjadi saksi Kejuaraan Kabupaten (Kejurkab) Atletik 2023. Ratusan pelajar mulai dari tingkat SD hingga SMA/Sederajat, mengikuti hingar bingar kejuaraan. PASI Ciamis, menjadi penyelenggara perhelatan akbar tersebut. Rabu, (20/12/2023).

Sambutan Bupati Ciamis

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, mengungkapkan bahwa cabang olahraga atletik memiliki sejumlah nomor pertandingan yang paling banyak. Dalam Porprov Jabar tahun 2022, cabor atletik Ciamis berhasil meraih 3 emas, 3 perak, dan 3 perunggu, mendekati target untuk masuk dalam 10 besar.

“Stadion Atletik di Ciamis ini diakui oleh Federasi Asia Pasifik, dan saya berharap kita dapat memanfaatkannya dengan baik. Terima kasih kepada PASI dan seluruh panitia yang telah mengadakan Kejurkab Atletik Pelajar ini, semoga kejuaraan ini dapat menjadi motivasi bagi anak-anak untuk menjadi atlet yang hebat,” ujar Herdiat.

Sambutan Ketua PASI

Ketua PASI Ciamis, Aep Saefulloh, menyampaikan bahwa partisipasi dalam Kejurkab ini melibatkan 610 peserta dari tingkat SD, SMP, dan SMA. Mahasiswa juga ikut serta dalam kategori nomor umum, dengan mengikuti lari 5.000 meter.

“Harapannya, kegiatan ini dapat mencetak atlet-atlet atletik yang profesional dan berprestasi di Kabupaten Ciamis. Stadion Atletik kita yang sudah diakui Federasi Asia Pasifik harus dimanfaatkan sebaik-baiknya,” kata Aep.

Dalam Kejurkab Atletik Pelajar, terdapat 20 nomor pertandingan, termasuk 10 nomor putra dan 10 nomor putri. Aep berharap bahwa kegiatan ini juga dapat meningkatkan pemanfaatan fasilitas olahraga di Kabupaten Ciamis.

“Alhamdulillah, kita sudah memiliki 80 wasit bersertifikat dasar, instruktur di setiap kecamatan, dan Sekolah Atletik Galuh Ciamis. Ini terbukti dengan 7 atlet yang lolos ke tingkat kejuaraan nasional dari Sekolah Atletik Galuh Ciamis,” tambahnya.

Pengembangan Potensi Atlet Ciamis

Kejuaraan ini bukan hanya tentang prestasi tetapi juga bagaimana masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas olahraga yang ada untuk mengembangkan potensi atletik di Kabupaten Ciamis.

Kegiatan ini mencerminkan semangat atletik yang berkembang di Ciamis, menggalang partisipasi pelajar dari berbagai tingkatan pendidikan. Hal ini dapat menjadi landasan bagi generasi muda untuk mengasah bakat mereka dalam olahraga atletik.

Semoga kita, dapat terus meningkatkan momentum seperti ini untuk menciptakan lingkungan yang mendukung pengembangan bakat atletik dan mencetak generasi atlet yang berprestasi di kancah nasional.

Komentar