Bahasa Indonesia Jadi Pelajaran di SD Hingga ke Negeri Kangguru dan Pecahan Nusantara

Menyusuri Jejak Bahasa Indonesia: Pelajaran di SD Hingga ke Negeri Kangguru dan Pecahan Nusantara

Nasional, UMUM136 Dilihat

NuansaPendidikan, Ciamis – Dalam dunia multikultural, Bahasa Indonesia tidak hanya menjadi alat komunikasi lokal di Indonesia tetapi juga merambah ke ranah pendidikan internasional. Berbagai negara memiliki pelajaran Bahasa Indonesia, bahkan hingga tingkat sekolah dasar, mencerminkan popularitas dan relevansinya secara global.

Negara-negara multikultural tidak hanya memiliki bahasa utama mereka, tetapi juga memberikan perhatian khusus pada pembelajaran bahasa lainnya, bahkan di tingkat sekolah dasar. Bahasa Indonesia, misalnya, tidak hanya terbatas pada wilayah Indonesia, tetapi telah merambah ke berbagai negara dengan berbagai cara yang menarik.

Berikut deretan negara yang mempelajari atau memakai dalam kegiatan sehari – hari:
Australia

Australia menjadi salah satu contoh negara di mana Bahasa Indonesia diajarkan di sejumlah sekolah dasar. Bahkan, beberapa universitas seperti University of Southern Queensland menawarkan Indonesian Language Study Program. Tak heran jika turis Australia yang berkunjung ke Bali dapat dengan mudah berkomunikasi ketika berwisata.

Timor Leste

Di Timor Leste, meskipun Tetun dan Portugis sarana berkomunikasi utama, Bahasa Indonesia tetap menjadi bagian dari kurikulum sekolah. Kerja sama antara Timor Leste dan Indonesia, mendukung pembelajaran  dengan 100 pengajar di SMA di Timor Leste.

Inggris

Inggris juga memberikan tempat untuk pembelajaran ini. Kedutaan Besar Indonesia di Inggris gencar mempromosikan budaya Nusantara, termasuk pembelajaran berkomunikasi. Dua sekolah di London, Whitefield School London untuk sekolah menengah dan St Matthews CE Primary School untuk sekolah dasar, telah menyertakan Bahasa Indonesia dalam kurikulum mereka sejak tahun 2017.

Amerika Serikat

Amerika Serikat juga tidak ketinggalan dalam menunjukkan minat terhadap hal ini. Banyak universitas di sana menawarkan program Bahasa Indonesia, seperti Universitas Yale dengan Indonesian Language Studies dan Cornell University dengan kursus Indonesian dalam Department of Asian Studies.

Dengan mencakup aspek keberagaman bahasa dan pendidikan, artikel ini menggambarkan bahwa Bahasa Indonesia tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi lokal, tetapi juga berperan dalam mendukung kerja sama bilateral dan memperkuat pemahaman lintas budaya. Dengan demikian, Bahasa Indonesia memainkan peran penting dalam membuka pintu ke dunia yang lebih luas, melalui pendidikan dan kerja sama lintas batas.

Komentar