Tomie Ohtake Pelukis Warna Dasar yang Rumit, Google Membuat Doodle Untuk Merayakan Ulang Tahunnya ke 110

"Tomie Ohtake: Melukis Kisah Warna dan Passion di Usia 110 Tahun"

UMUM80 Dilihat

NuansaPendidikan, Ciamis – Doodle yang kita persembahkan hari ini adalah untuk merayakan sosok luar biasa, seniman Jepang Brasil, Tomie Ohtake, yang merayakan ulang tahun ke-110. Terkenal dengan lukisan abstraknya yang memukau menggunakan warna-warna dasar, Ohtake tidak hanya menyinari dunia seni, tetapi juga membuktikan bahwa semangat dan keahlian bisa ditemukan kapan saja, bahkan pada usia 40-an.

Mengulik Perjalanan Tomie Ohtake

Tomie Ohtake lahir pada hari ini, tahun 1913, di Kyoto, Jepang. Namun, takdir membawanya ke Brasil pada tahun 1936, di mana dia menetap karena situasi global yang melibatkan Jepang pada konflik dunia. Dalam perjalanannya, Ohtake menemukan panggilan sejatinya saat mengunjungi studio seorang seniman Jepang, yang mengilhaminya untuk memulai petualangan melukis.

Pada tahun 1957, Ohtake menggebrak dunia seni dengan pameran pertamanya di Salão Nacional de Arte Moderna. Dia tidak mengikuti arus umum pada masa itu, melainkan memilih pendekatan manual yang membuahkan “geometri yang tidak sempurna” di atas kanvas. Bentuk-bentuk yang tak terdefinisi ini menjadi daya tarik inovatifnya dan segera mencuri perhatian banyak.

Eksplorasi Seni dan Dedikasi Seumur Hidup

Selama dekade berikutnya, Ohtake tidak hanya menciptakan lukisan-lukisan yang memenangkan berbagai penghargaan dari Salons Seni Brasil, tetapi juga mengabdikan dirinya pada seni publik. Dia menciptakan instalasi berukuran besar di kota-kota seperti Guarulhos dan Tokyo, memberikan sentuhan seni pada tempat umum.

Di São Paulo, karyanya yang ikonik termasuk mozaik mural di stasiun metro Consolacao dan patung bergelombang megah untuk menghormati imigran Jepang ke Brasil. Kreativitasnya tak terbatas; Ohtake mendesain penghargaan untuk balapan Formula 1, festival film, menggambar ilustrasi buku, dan bahkan merancang set film.

Legacy yang Abadi

Resume Tomie Ohtake bersinar dengan 120 pameran solo, 400 pameran kolektif, dan 28 penghargaan. Pada tahun 1988, ia mendapat anugerah Order of Rio Branco untuk patung bergelombangnya. Tidak hanya seorang seniman, Ohtake menjadi duta seni informal di Brasil. Dia, memberikan inspirasi kepada para pelukis dan pencinta seni di seluruh dunia.

Menyambut Ulang Tahun ke 110 dengan Warna-Warna dan Inspirasi

Seiring bertambahnya usia, pada usia 100, Ohtake masih melukis hampir 30 karya baru, membuktikan bahwa semangat kreatifnya tidak pernah pudar. Hari ini, kita merayakan keberanian, semangat, dan kisah Tomie Ohtake, seorang seniman yang terus menyinari dunia seni. Dia, menginspirasi kita semua untuk mengejar passion kita, apa pun usia kita.

Selamat Ulang Tahun, Tomie Ohtake!

Dengan berbagai warna dan passion, Tomie Ohtake terus menari di atas kanvas kehidupan. Dia, memberikan inspirasi kepada kita semua untuk mengukir kisah unik kita sendiri dalam dunia seni. Selamat ulang tahun yang ke-110, Tomie Ohtake, penari warna yang tak terlupakan!

Komentar