Ekspo Pendidikan 2024: Meningkatkan Kreativitas dan Teknologi di Kabupaten Ciamis

Tujuan utama dari Ekspo Pendidikan ini adalah untuk menstimulasi kreativitas peserta didik dan pendidik serta mengimplementasikannya dalam bidang sains dan teknologi.

Daerah, Seremonial, UMUM11 Dilihat

NuansaPendidikan, Kabupaten Ciamis — Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional 2024, Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis menggelar Ekspo Pendidikan yang dibuka secara resmi oleh Pj. Bupati Ciamis pada Rabu (05/06). Acara berlangsung di Aula Disdik Ciamis dan dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat.

Tujuan utama dari Ekspo Pendidikan ini adalah untuk menstimulasi kreativitas peserta didik dan pendidik serta mengimplementasikannya dalam bidang sains dan teknologi.

Selain itu, acara ini juga bertujuan untuk meningkatkan literasi teknologi di kalangan pendidik, khususnya dalam penggunaan printer 3D. Sebanyak 600 tenaga kependidikan telah mendapatkan pelatihan terkait teknologi ini pada tahun 2021 dan 2022.

Apresiasi Pj. Bupati Ciamis

Pj. Bupati Ciamis menyampaikan apresiasi dan dukungannya terhadap kegiatan yang konsisten oleh Dinas Pendidikan Ciamis setiap tahunnya.

“Melalui kegiatan ini, mudah-mudahan memberikan nilai strategis. Karena, membantu menyampaikan inovasi dan kreativitas pendidik dan peserta didik untuk diketahui masyarakat luas,” ujar Pj. Bupati dalam sambutannya. Rabu, (05/06/2024).

Lebih lanjut, Pj. Bupati menegaskan bahwa kegiatan ini sejalan dengan misi Kabupaten Ciamis untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. “Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis harus terus berinovasi dan meningkatkan kreativitasnya. Kegiatan ini saya rasa akan dapat menggali potensi-potensi generasi kita,” tambahnya.

Komitmen Dinas Pendidikan Ciamis

Kepala Dinas Pendidikan Ciamis, Erwan Dermawan, menjelaskan bahwa tema Ekspo Pendidikan tahun ini adalah “Dengan Semangat Hari Pendidikan Nasional Kita Terus Bergerak Bersama, Bersinergi, dan Berkolaborasi Sukseskan Merdeka Belajar”.

Tema ini mencerminkan komitmen Dinas Pendidikan Ciamis untuk menampung dan mensinergikan karya serta kreativitas inovatif dari pendidik dan peserta didik.

“Ekspo ini menjadi tempat berkumpul seluruh Korwil, Komisariat, KCD (SMA, SMK, SLB), PKBM, dan lainnya dengan total 42 stand,” jelas Erwan.

Acara ini berlangsung pada tanggal 5-6 Juni 2024 dan menghadirkan berbagai pameran serta demonstrasi inovasi pendidikan.

Pada kesempatan tersebut, hadir pula unsur Forkopimda, para Kepala SKPD, dan tamu undangan lainnya.

Hal ini, menunjukkan dukungan penuh dari berbagai pihak terhadap peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Ciamis.

Dengan adanya kegiatan ini, semoga bakat dan potensi luar biasa dalam bidang sains, teknologi, dan seni dari peserta didik dan pendidik dapat terus berkembang.

Tak lupa, memberikan kontribusi signifikan bagi masa depan pendidikan di Kabupaten Ciamis.

Sumber: PROKOPIM Ciamis

Komentar