Antusiasme Lintas Generasi Warnai Pesantren Kilat Ramadhan di Ciamis Begini kata Bupati!

Pesantren Ramadhan Ciamis: Merajut Kebersamaan dari Pelajar hingga Lansia

Daerah, Seremonial, UMUM22 Dilihat

NuansaPendidikan, Ciamis, Jawa Barat – Gelombang antusiasme melanda warga Ciamis, dari pelajar hingga lansia, yang berpartisipasi dalam Pesantren Kilat Ramadhan. Bertempat di Islamic Center, kegiatan ini mengusung tema “Tangguh dalam Aqidah, Khusyu dalam Ibadah dan Berakhlak Karimah”. Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, berkesempatan membuka acara tersebut. Rabu, (20/03/2024).

Semangat Peserta

Ratusan peserta, termasuk pelajar SLTP, SLTA, dan lansia, menunjukkan kegembiraan dan semangat yang luar biasa. “Alhamdulillah, antusiasme peserta melebihi ekspektasi. Ini adalah bukti kerjasama solid antara MUI, Kemenag, KCD Wilayah 13, dan lembaga terkait lainnya,” ungkap Herdiat.

Kegiatan ini, menurut Herdiat, mencerminkan kepedulian pemerintah terhadap pendidikan keagamaan dan merupakan kesempatan bagi masyarakat untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Selain itu, pesantren ramadhan ini juga menjadi sarana untuk meningkatkan ilmu agama, budi pekerti, dan memperkuat silaturahmi antar peserta.

Langkah Preventif

Pemkab Ciamis berkomitmen untuk membangun karakter masyarakat melalui pendidikan agama, sebagai langkah preventif terhadap degradasi moral. “Mari kita manfaatkan bulan suci ini sebagai momen untuk memperbaiki diri dan meningkatkan ibadah serta akhlak kita,” seru Herdiat.

Menjelang akhir masa jabatannya, Herdiat tidak lupa mengucapkan terima kasih dan memohon maaf atas segala kekurangan selama menjabat sebagai Bupati Ciamis. Ini menunjukkan sikap rendah hati dan tanggung jawab terhadap tugas yang telah diemban.

Kategori Peserta

Panitia penyelenggara, H. Wawan, menjelaskan distribusi peserta yang terbagi dalam beberapa kategori berdasarkan jenjang pendidikan dan usia, yang dilaksanakan pada tanggal-tanggal tertentu di Islamic Center dan Masjid Agung Ciamis. “Harapan kami, tahun depan kegiatan ini dapat menampung lebih banyak peserta lagi,” kata Wawan.

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Ciamis, Usep Saepudin Muhtar, menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan hasil dari kerjasama yang baik antar lembaga. “Semoga Pesantren Ramadhan ini menjadi agenda tahunan yang terus berkembang dan membawa keberkahan bagi kita semua,” harap Usep.

Pesantren Ramadhan di Ciamis ini tidak hanya menjadi wadah bagi masyarakat untuk belajar dan beribadah bersama, namun juga menegaskan pentingnya nilai-nilai kebersamaan dan kepedulian terhadap pendidikan agama dalam membangun karakter bangsa.

Dengan bantuan dan dukungan dari semua pihak, Pesantren Ramadhan di Ciamis berharap dapat terus berkontribusi pada peningkatan kualitas spiritual dan moral masyarakat, sejalan dengan tema yang menjadi pengusungnya.

#FAUZHA

Komentar