Lokakarya 6 Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) Angkatan 8 Tahun 2023

UMUM34 Dilihat

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis, Dr. H. Asep Saeful Rahmat, S.I.P., M.Si., secara resmi membuka kegiatan Lokakarya 6 Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) Angkatan 8 Tahun 2023. Pelaksanaan pembukaan ini dilangsungkan di SMPN 2 Ciamis. Minggu, (29/10/2023).

Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP), yang dicanangkan oleh pemerintah, menjadi bagian integral dari inisiatif Merdeka Belajar. Inisiatif ini bertujuan meningkatkan kualitas tenaga pendidik melalui pengembangan profesionalisme melalui pelatihan dan kegiatan kolektif bagi para guru.

Fokus utama dari program ini adalah memberikan pemahaman tentang kepemimpinan pembelajaran dan pedagogik kepada para guru. Hal ini bertujuan agar mereka mampu menjadi motor penggerak komunitas belajar, baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Guru yang terlibat dalam PPGP diharapkan dapat menjadi pemimpin pendidikan yang mampu menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan bahagia bagi peserta didik di sekolah masing-masing.

Essensi dari peran guru penggerak tidak hanya terbatas pada pengembangan kemampuan kognitif, tetapi juga menekankan pada aspek holistik. Pentingnya pengembangan nilai-nilai karakter menjadi pusat perhatian, membentuk kepribadian peserta didik secara menyeluruh.

Melalui kegiatan ini, diharapkan para guru dapat mengintegrasikan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh untuk memberikan dampak positif yang signifikan terhadap perkembangan peserta didik dan meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Ciamis.

Komentar