Tiga Pemuda Ciamis Raih Prestasi Tingkat Provinsi: Kisah Inspiratif Pemuda Pelopor

NuansaPendidikan.co.id, Ciamis – Tiga pemuda berbakat dari Kabupaten Ciamis berhasil meraih prestasi gemilang sebagai Pemuda Pelopor tingkat Provinsi Jawa Barat. Dua di antaranya bahkan berhak mewakili Jawa Barat pada ajang Pemuda Pelopor tingkat Nasional. Kamis, (31/09/2023).

Daftar Prestasi
  • Muhamad Rizky Ramdani, dengan fokus pada bidang pendidikan, berhasil meraih Juara 1 dengan judul “Pendidikan Karakter Melalui Permainan Tradisional” dari Kecamatan Sadananya.
  • Isal Nur Hidayatulloh, dalam bidang pengelolaan SDA, Lingkungan, dan Pariwisata, memenangkan Juara 1 dengan inovasinya mengenai “Kepeloporan Penanaman Nilai Budaya Hidup Melalui Pemanfaatan Sampah” dari Kecamatan Panjalu.
  • Fahmi Rodibillah, dengan fokus pada bidang pangan, meraih Juara 2 dengan judul “Kepeloporan Politis Mami Modis Olahan Ikan” dari Kecamatan Ciamis.

Prestasi ini merupakan hasil dari seleksi yang ketat sejak bulan Februari, di mana 49 pemuda berpartisipasi. Dari jumlah tersebut, terpilih 5 perwakilan dari masing-masing bidang untuk mewakili Ciamis pada Pemuda Pelopor tingkat Provinsi Jawa Barat. Setelah proses seleksi berlangsung, 3 pemuda berhak mewakili Ciamis pada Pemuda Pelopor tingkat Jabar.

Tanggapan Kadisbudpora

Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Ciamis, Erwan Darmawan, mengungkapkan kebanggaannya terhadap pencapaian para pemuda. “Pemerintah Provinsi Jawa Barat menggelar lomba pemilihan pemuda pelopor dengan tema ‘Pemuda Ambil Peran’ untuk tahun 2023. Ini adalah wujud konkret dari dedikasi dan kontribusi pemuda Ciamis dalam berbagai bidang,” ujarnya.

Sumber Daya Alam

Isal Nurhidayatulloh, salah satu pemuda yang berhasil meraih prestasi tingkat provinsi, menyatakan rasa syukurnya. Dia menjelaskan bahwa prestasinya berdasarkan pada kontribusinya dalam pengelolaan sumber daya alam, lingkungan, dan pariwisata. Melalui Paguyuban Sadar Lingkungan (PSL), Isal memimpin program untuk menjalankan gerakan penyelamatan lingkungan hidup dengan berbagai tindakan kepedulian, menggandeng berbagai pihak, termasuk pentahelix berkelanjutan.

Isal juga berencana untuk menginisiasi program “Sedesa” (Sehat dengan Sampah) dan “Tubobeg” (Tukar Botol Belanja Gratis) sebagai bagian dari upaya dalam menjalankan program berkelanjutan. Selain itu, ia bersama rekan-rekannya berperan aktif dalam mendukung pembuatan peraturan bupati terkait pengurangan sampah plastik.

Meskipun meraih prestasi tingkat provinsi, Isal menekankan bahwa lomba hanya merupakan kegiatan tambahan. Menurutnya, upaya untuk melestarikan lingkungan akan tetap berlanjut tanpa adanya kompetisi. Dengan semangat tinggi, para pemuda Ciamis berharap untuk terus mendukung gerakan-gerakan ini demi keberlanjutan lingkungan dan alam.

Komentar